Caring Perawat Mempengaruhi Kepuasan Pasien di Instalasi Rawat Inap
DOI:
https://doi.org/10.48079/jikal.v5i2.92Kata Kunci:
Caring, kepuasan pasien, rawat inapAbstrak
Perilaku caring perawat merupakan inti atau fokus dalam keperawatan sebagai bentuk praktik keperawatan professional dan perilaku caring merupakan salah satu indikator kepuasan pasien. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan caring perawat terhadap tingkat kepuasan pasien pada ruang rawat inap Rumah Sakit Hermina Galaxy. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 50 responden yang sesuai dengan kriteria inklusi dan ekslusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 32 responden mengatakan caring perawat baik, 19 responden puas dan 13 responden tidak puas. Dari 18 responden yang mengatakan caring perawat kurang, 7 responden puas dan 11 responden tidak puas. Hasil uji Korelasi diperoleh nilai r sebesar 0,494 dan nilai p sebesar 0,000, kesimpulan dari hasil tersebut adalah hubungan caring perawat dengan kepuasan pasien menunjukkan hubungan dan berpola positif artinya semakin tinggi caring perawat maka semakin tinggi tingkat kepuasan pasien. Terdapat hubungan caring perawat dengan kepuasan pasien pada ruang rawat inap Rumah Sakit Hermina Galaxy.
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Hak Cipta (c) 2022 Ening Wahyuni

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.






