EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI QR CODE EDUKASI PASIEN TERHADAP PENINGKATAN KINERJA PERAWAT: STUDI KASUS DI RUMAH SAKIT HERMINA BANYUMANIK

Penulis

  • Suwarni RS Hermina Banyumanik
  • Mustika Arindita Nurmalitasari RS Hermina Banyumanik
  • Ika Archie Satyawan RS Hermina Banyumanik
  • Hilda Amalia Hermina Hospital Group
  • Moh Heri Kurniawan Hermina Hospital Group

DOI:

https://doi.org/10.48079/jika.v8i2.134

Kata Kunci:

Kinerja perawat, Edukasi pasien, QR Code

Abstrak

Perkembangan teknologi yang pesat di berbagai aspek kehidupan manusia telah melahirkan berbagai inovasi baru untuk mempermudah pekerjaan manusia. Sistem teknologi berbasis QR code adalah salah satu sistem yang digunakan dan diimplementasikan di rumah sakit untuk memperlancar pekerjaan, terutama dalam layanan. Perawat seringkali memiliki waktu yang terbatas untuk memberikan edukasi yang efektif dan efisien. Tujuan penelitian ini untuk melihat pengaruh implementasi edukasi pasien QR Code terhadap kinerja perawat di Rumah Sakit Hermina Banyumanik. Pengumpulan data kuantitatif menggunakan metode cross-sectional. Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit Hermina Banyumanik pada Desember 2023 - Maret 2024 dengan jumlah sampel 50 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh sebelum dan sesudah implementasi QR Code edukasi pasien terhadap kinerja perawat di Rumah Sakit Hermina Banyumanik (p-value = 0,000). Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh sebelum dan setelah implementasi edukasi pasien QR Code terhadap kinerja perawat di Rumah Sakit Hermina Banyumanik. Implementasi QR Code dapat mempermudah edukasi pasien dan menyarankan agar tenaga kesehatan dapat menerapkan edukasi pasien QR Code terhadap kinerja perawat.

Referensi

Aldohyan, M., Al-Rawashdeh, N., Sakr, F. M., Rahman, S., Alfarhan, A. I., & Salam, M. (2019). The perceived effectiveness of MERS-CoV educational programs and knowledge transfer among primary healthcare workers: a cross-sectional survey. BMC Infectious Diseases, 19(1), 273. https://doi.org/10.1186/s12879-019-3898-2

Andini, V., Sabrian, F., & Nauli, F. A. (2018). PERSEPSI PERAWAT PERKESMAS TENTANG PERAN PERAWAT SEBAGAI EDUKATOR DI PUSKESMAS SE-KOTA PEKANBARU. JOM FKp, 5(2). Retrieved from https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMPSIK/article/download/21171/20487

Anggraeni, N. C., Widayati, N., & Sutawardana, J. H. (2020). Peran Perawat sebagai Edukator terhadap Persepsi Sakit pada Pasien Diabetes Mellitus Tipe 2 Kabupaten Jember. Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia, 6(1). https://doi.org/10.17509/jpki.v6i1.24364

Duminggu, F., Mandagi, C. K. ., & Kawatu, P. A. . (2016). HUBUNGAN ANTARA PENDIDIKAN DAN PELATIHAN SERTA PENGHARGAAN DENGAN KINERJA PERAWAT DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM PANCARAN KASIH GMIM KOTA MANADO. Jurnal Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi, 5(1). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/kesmas/article/view/12680

Fereidouni, Z., SARVESTANI, R. S., HARIRI, G., KUHPAYE, S. A., AMIRKHANI, M., & KALYANI, M. N. (2019). Moving Into Action: The Master Key to Patient Education. The Journal of Nursing Research, 27(1). Retrieved from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6369867/

Flanders, S. (2018). Effective Patient Education: Evidence and Common Sense. Medsurg Nursing., 27(1), 55–58. https://doi.org/info:doi/

Hakman, Suhadi, & Yuniar, N. (2021). Pengaruh Beban Kerja, Stres Kerja, Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Perawat Pasien Covid-19. Nursing Care and Health Technology Journal, 1(2). Retrieved from https://ojs.nchat.id/index.php/nchat/article/view/17

Kasmir. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia (5th ed.). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kementerian Kesehatan RI. PERATURAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 4 TAHUN 2018 TENTANG KEWAJIBAN RUMAH SAKIT DAN KEWAJIBAN PASIEN. , (2018).

Pramithasari, I. D. (2016). GAMBARAN KINERJA PERAWAT DALAM MENDOKUMENTASIKAN ASUHAN KEPERAWATAN BERBASIS KOMPUTER DI RSUD BANYUMAS. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 1(1), 40–45. Retrieved from https://journal.um-surabaya.ac.id/JKM/article/view/PMT

Putri, S. ., & Akbar, P. . (2019). Sistem Informasi Kesehatan. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Rubiati, N., & Harahap, S. W. (2019). APLIKASI ABSENSI SISWA MENGGUNAKAN QR CODE DENGAN BAHASA PEMROGRAMAN PHP DI SMKIT ZUNURAIN AQILA ZAHRA DI PELINTUNG. Jurnal Informatika, Manajemen Dan Komputer, 11(1).

Suranadi, I. W. (2017). TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG BANTUAN HIDUP DASAR (BHD) MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS UDAYANA. Simdos Unud Ac Id, Simdos Unu(2).

Surya Paramarta, I. B., Sudarma, M., & Alit Swamardika, I. B. (2017). PERANCANGAN APLIKASI SISTEM INFORMASI MEDIS MENGGUNAKAN BARCODE BERBASIS DESKTOP DAN ANDROID. Jurnal SPEKTRUM, 4(2). Retrieved from https://ojs.unud.ac.id/index.php/spektrum/article/view/36408

Taveerad, N., & Vongpradhip, S. (2015). Development of Color QR Code for Increasing Capacity. 2015 11th International Conference on Signal-Image Technology & Internet-Based Systems (SITIS), 645–648. https://doi.org/10.1109/SITIS.2015.42

TIM Pokja SIKI DPP PPNI. (2018). Standar Intervensi Keperawatan Indonesia?: Definisi dan Tindakan Keperawatan (1st ed.). Jakarta.

Walangara, H. U. K., & Widuri Devianto, A. (2022). Pengaruh Karakteristik Individu Terhadap Kinerja Perawat di Rumah Sakit: Studi Literatur. JURNAL KEPERAWATAN, 14(2).

Wasita, R. R. R., & Susanto, A. D. (2022). PENGARUH SISTEM ANTRIAN BERBASIS QUICK RESPONSES CODE TERHADAP BEBAN KERJA PETUGAS LOKET PENDAFTARAN DI RUMAH SAKIT UMUM SURYA HUSADHA DENPASAR. Jurnal Kesehatan Tadulako, 8(1).

Diterbitkan

2025-10-15