KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN PASIEN RAWAT INAP PENGGUNA BPJS DI RUMAH SAKIT ORTOPEDI SURAKARTA

KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN PASIEN RAWAT INAP PENGGUNA BPJS DI RUMAH SAKIT ORTOPEDI SURAKARTA

Penulis

  • Chindy Wijanarko Mahasiswa
  • Noor Alis Setyadi Universitas Muhammadiyah Surakarta, Prodi S1 Kesehatan Masyarakat

DOI:

https://doi.org/10.48079/jika.v8i1.125

Kata Kunci:

Kata kunci : Kualitas Pelayanan Kesehatan, Kepuasaan Pasien, Rumah Sakit, BPJS

Abstrak

Kualitas pelayanan kesehatan merupakan faktor penting untuk menggambarkan kepuasan pasien. Khususnya bagi pasien pengguna BPJS sering menghadapi berbagai macam tantangan untuk mencapai pelayanan yang optimal. Penelitian memiliki tujuan untuk menggambarkan kualitas pelayanan kesehatan pada Rumah Sakit Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Sampel pada penelitian sejumlah 100 pasien diambil dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data penelitian menggunakan kuisioner yang validitas dan reabilitasnya sudah teruji dengan hasil Cronbach's Alpha Tangible 0.943 (reliabel), reability 0.969 (reliabel), Responsiveness 0.977 (reliabel). Emphaty 0.909 (reliabel), dan Assurance 0.966 (reliabel). Hasil penelitian menyatakan bahwa mayoritas responden memiliki pandangan yang baik terkait kepuasan terhadap berbagai aspek layanan kesehatan yang diberikan. Hal ini mencerminkan komitmen rumah sakit dalam memberikan pelayanan yang aman dan penuh perhatian kepada pasien pengguna BPJS. Oleh karena itu, penelitian ini diharapkan menjadi dasar untuk pengembangan pelayanan yang lebih optimal dan berkesinambungan.

 

Referensi

Ahmadi, D. A., Annisa, R., Refiana, R., Purba, S. H., Ilmu, F., Masyarakat, K., Islam, U., & Sumatera, N. (2025). Tantangan dan Peluang Penggunaan JKN di Indonesia. 5(40).

Astuti, A. P., Tri, S., & Putra, S. M. A. (2017). Hubungan kepatuhan minum obat dengan periode kekambuhan pada pasien skizofrenia: halusinasi di rumah sakit jiwa Prof. Dr. Soeroyo magelang. Jurnal Keperawatan Dan Kesehatan Masyarakat Cendikia Utama, 6(2), 53–86.

Azis, A. N. (2016). Studi tentang Responsivitas Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Karang Asam Kota Samarinda. EJournal Administrasi Negar, 4(3), 4688–4699. https://ejournal.ap.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2016/09/Jurnalku (09-09-16-06-00-25).pdf

Azmi, M. U. (2020). Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Kehandalan, Daya Tanggap Dan Empati Dalam Pelayanan Keperawatan Di Poliklinik Merpati Rsup Dr Kariadi Semarang. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5–24. https://repository.unimus.ac.id

Berry, L. L., Parasuraman, A., & Zeithaml, V. A. (1988). SERVQUAL: A multiple-item scale for measuring consumer perceptions of service quality. Journal of Retailing, 64(1), 12–40.

Dewi, R., & Jihad, F. (2023). Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Pesertsa BPJS Kesehatan. Jurnal Kesehatan Tambusai, 4(3), 3662–3671. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jkt/article/view/16977

Fajriah Istiqamah, N., Gita Slasabila, N., Ayu Andira, R., & makassar Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, N. (2023). Analisis Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Di Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Literatur Review). Health Journal “Love That Renews, 11(2), 129–140.

Fikri, S. (2020). Tanggunggugat Pemerintah Dalam Pelayanan Kesehatan. Lex Librum?: Jurnal Ilmu Hukum, 6(2), 144. https://doi.org/10.46839/lljih.v6i2.149

Hendrik, Simorangkir, G. F., Girsang, E., & Ginting, J. B. (2023). Analysis of the quality of health services in inpatient installations on patient satisfaction. International Journal of Research in Medical Sciences, 11(8), 2780–2784. https://doi.org/10.18203/2320-6012.ijrms20232404

Imran, I., Yulihasri, Y., Almasdi, A., & Syavardie, Y. (2021). Dampak Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Puskesmas. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 5(3), 389–396. https://doi.org/10.23887/jppsh.v5i3.40846

Jelika, E., Siahaan, A., Marpaung, D. L., & Waty, E. N. (2025). QUALITY OF SERVICE FOR BPJS PARTICIPANTS AT SYAFIRA PEKANBARU HOSPITAL.

Kepuasan, A., Rawat, P., Pada, J., Pelayanan, K., Fatimah, P., Daerah, D., & Kota, U. (2024). Analisis Kepuasan Pasien Rawat Jalan Pada Kualitas Pelayanan Klinik Pratama Fatimah Di Daerah Ujungberung Kota Bandung. 6681(7), 983–989.

Lubis*, B. L. R. A., Ginting, R., Novalinda, C., & Girsang, E. (2021). Analysis of Factors Affecting the Quality of Service Toward Inpatient Patient Satisfaction BPJS DIRSU Bandung. International Journal of Management and Humanities, 5(5), 14–17. https://doi.org/10.35940/ijmh.e1217.015521

Lukman. (2021). Rencana Kinerja Tahunan (RKT). 22.

Manzilah, T. (2025). Jurnal ARSI?: Administrasi Rumah Sakit Indonesia Analisis Faktor Penyebab Komplain Pasien pada Pelayanan Rawat Inap?: Studi Kasus di Rumah Sakit X Tahun 2024 Analisis Faktor Penyebab Komplain Pasien pada Pelayanan Rawat Inap?: Studi. 11(1). https://doi.org/10.7454/arsi.v11i1.1201

Mashita, D. A., Rachmawati, E., Deharja, A., & Ardiyanto, E. T. (2022). Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama: Literature Review. J-REMI?: Jurnal Rekam Medik Dan Informasi Kesehatan, 3(2), 177–189. https://sipora.polije.ac.id/5400/

Maulina, L., Madjid, T. A., Chotimah, I., Manajemen, K., Kesehatan, P., Kesehatan, S., Fakultas, M., Kesehatan, I., Ibn, U., & Bogor, K. (2019). HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN PESERTA BPJS DI UNIT RAWAT INAP PUSKESMAS CIBUNGBULANG KABUPATEN BOGOR TAHUN 2018. In PROMOTOR Jurnal Mahasiswa Kesehatan Masyarakat (Vol. 2, Issue 2).

Mirnawati. (2013). Hubungan Komunikasi Interpersonal dengan Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Cempaka Abdul Wahab Sjahranie Samarinda. Psikoborneo, 1(4), 241–249. http://ejournal.psikologi.fisip-unmul.ac.id/

Mukaromah, S., Swari, S. J., Rachmawati, E., & Suyoso, G. E. J. (2022). Analisis Kepuasan Pasien BPJS Kesehatan terhadap Pelayanan Rawat Jalan di Rumah Sakit. Jurnal Penelitian Kesehatan Suara Forikes, Nomor Khus(5), 60–68.

Murdiatama, D., Rifai, A., & Anggraeni, I. (2021). The Effect of the Quality of Health Services on the Satisfaction of Patients at the East Langsa Community Health Center. Journal La Medihealtico, 2(1), 32–46. https://doi.org/10.37899/journallamedihealtico.v2i1.290

Natassia, R., & Utami, H. Y. (2020). Pengaruh Responsiveness, Assurance, Dan Tangible Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas Air Tawar Kota Padang. Maker: Jurnal Manajemen, 6(2), 169–174. https://doi.org/10.37403/mjm.v6i2.184

Niswara, A. A., Pad, J. L., & Jaya, U. P. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Implikasinya Pada Loyalitas Pelanggan Kosambi Maternal and. 1.

Permana, I. G. A. S., Krisnawati, K. M. S., & Swedarma, K. E. (2020). Gambaran Kepuasan Pasien Rawat Jalan Dalam Menerima Pelayanan Bpjs Kesehatan Di Puskesmas Blahbatuh I Gianyar. Coping: Community of Publishing in Nursing, 8(3), 312. https://doi.org/10.24843/coping.2020.v08.i03.p13

Praidhi, A., S2, P., Ilmu, M., & Masyarakat, K. (2019). HUBUNGAN KUALITAS LAYANAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP BPJS KESEHATAN DI RSUD MANDAU. XIII(1).

Purwanti, N. D., & Dewi, R. M. (2014). Pengaruh jumlah kunjungan wisatawan terhadap pendapatan asli daerah kabupaten mojokerto tahun 2006-2013. Jurnal Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya, 2(3), 1–12.

Rahmawati, N. (2014). Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya Vol.5 No.1 (2016). Calyptra, 2(2), 1–12.

Ramdhini, N. A., & Satya, R. R. (2024). Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pasien Peserta BPJS Kesehatan Pada RSIA Kartini Padalarang. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4(4), 15229–15241. https://j-innovative.org/index.php/Innovative%0AAnalisis

Rivany, H. A. S., Nababan, D., Manurung, K., Ginting, D., & Sipayung, R. (2024). Analisis Ketidakpuasan Pasien Terhadap Pelayanan Di Rumah Sakit Putri Hijau Kesdam I/BB Medan Tahun 2020. PREPOTOF: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 8(1), 60–69.

Supartiningsih, S. (2017). Kualitas Pelayanan an Kepuasan Pasien Rumah Sakit: Kasus Pada Pasien Rawat Jalan. Jurnal Medicoeticolegal Dan Manajemen Rumah Sakit 10.18196/Jmmr.2016, 6(1), 9–15. https://doi.org/10.18196/jmmr.6122

Tumiwa, F. F., & Musak, R. A. (2024). Analisis faktor mutu pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien bpjs di poliklinik rawat jalan rsu gmim bethesda tomohon. … Kesehatan …, 8(April), 168–180. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/prepotif/article/view/24745%0Ahttp://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/prepotif/article/download/24745/18116

Wibowo, T. A. (2018). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Obat di Apotek Ary Farma Karanganyar Tahun 2017. Jurnal Universitas Muhammadiyah Surakarta, 1(1), 1–16.

Diterbitkan

2025-04-16