PENGARUH KELAS AYAH TERHADAP PENGETAHUAN TUMBUH KEMBANG ANAK DI RS HERMINA YOGYA
DOI:
https://doi.org/10.48079/jika.v8i1.121Kata Kunci:
Kelas Ayah, Pengetahuan, Tumbuh Kembang AnakAbstrak
Peran Ayah dalam perkembangan anak pada masa awal kehidupan sangat penting tetapi masih belum sepenuhnya dipahami dan diterapkan di Indonesia. Selama ini fokus lebih banyak diberikan pada perah ibu, sehingga peran Ayah seringkali diabaikan. Kelas Ayah merupakan suatu intervensi berupa edukasi kepada Ayah dari ibu yang melahirkan di Rumah Sakit Hermina Yogya dengan media leaflet dan dijelaskan oleh dokter/bidan mengenai materi tumbuh kembang anak usia 0-1 bulan. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat tingkat pengetahuan dan pengaruh intervensi kelas Ayah terhadap tumbuh kembang anak di RS Hermina Yogya. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan rancangan case-control yang dilakukan di RS Hermina Yogyakarta. Sampel diambil dengan cara consecutive sampling. Total sampel yang dibutuhkan adalah 30 sampel dan dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok kasus sejumlah 15 subjek dan kelompok kontrol sejumlah 15 subjek. Kelompok kasus akan diberikan intervensi Kelas Ayah. Intervensi ini dilakukan satu kali yaitu saat bayi dan ibu sudah dilakukan rawat gabung di ruang perawatan ibu dan anak. Durasi kelas Ayah sekitar +30 menit. Intervensi kelas Ayah yang diberikan kepada kelompok kasus lebih efektif dalam meningkatkan pengetahuan responden mengenai tumbuh kembang anak. Sebagian besar responden dalam kelompok kasus menunjukkan peningkatan nilai setelah mendapatkan intervensi.
Referensi
Balasundaram, P., & Avulakunta, I. D. (2025). Human Growth and Development. In StatPearls Publishing. StatPearls Publishing. Retrieved from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK567767/
Evans, D. K., & Jakiela, P. (2024). The Role of Fathers in Promoting Early Childhood Development in Low- and Middle-Income Countries: A Review of the Evidence. The World Bank Research Observer, lkae009. https://doi.org/10.1093/wbro/lkae009
Gandini, A. L. A., Ummu Salmah, A., Stang, Arsunan Arsin, A., & Mallongi, A. (2024). The Role of Parents in Monitoring the Growth and Development of Toddlers: A Systematic Review. Pharmacognosy Journal , 16(3), 682–686. https://doi.org/10.5530/pj.2024.16.114
Ghaleiha, A., Barber, C., Tamatea, A. J., & Bird, A. (2022). Fathers’ help seeking behavior and attitudes during their transition to parenthood. Infant Mental Health Journal, 43(5), 756–768. https://doi.org/10.1002/imhj.22008
Gunardi, H., Nugraheni, R. P., Yulman, A. R., Soedjatmiko, Sekartini, R., Medise, B. E., … Melina, E. (2019). Growth and developmental delay risk factors among under-five children in an inner-city slum area. Paediatrica Indonesiana, 59(5). Retrieved from https://paediatricaindonesiana.org/index.php/paediatrica-indonesiana/article/view/2219/1980
Jelenkovic, A., Ortega-Alonso, A., Rose, R. J., Kaprio, J., Rebato, E., & Silventoinen, K. (2011). Genetic and environmental influences on growth from late childhood to adulthood: a longitudinal study of two Finnish twin cohorts. American Journal of Human Biology?: The Official Journal of the Human Biology Council, 23(6). https://doi.org/https://doi.org/10.1002/ajhb.21208
John, A., Halliburton, A., & Humphrey, J. (2013). Child–mother and child–father play interaction patterns with preschoolers. Early Child Development and Care, 183. https://doi.org/10.1080/03004430.2012.711595
Kementerian Kesehatan RI. (2023). Survei Kesehatan Indonesia (SKI) 2023. Retrieved from https://www.badankebijakan.kemkes.go.id/fact-sheet-survei-kesehatan-indonesia-ski-2023/
Kim, S., & Glassgow, A. E. (2018). The effect of father’s absence, parental adverse events, and neighborhood disadvantage on children’s aggression and delinquency: A multi-analytic approach. Journal Of Human Behavior In The Social Environment, 28(5), 570–587. https://doi.org/10.1080/10911359.2018.1443866
Ministry of National Development Planning/Bappenas. (2019). The Consolidated Report on Indonesia Health Sector Review 2018. Jakarta. Retrieved from https://www.unicef.org/indonesia/media/621/file/Health Sector Review 2019-ENG.pdf .pdf
Premberg, A., & Lundgren, I. (2006). Fathers’ Experiences of Childbirth Education. The Journal of Perinatal Education, Vol. 15, pp. 21–28. https://doi.org/10.1624/105812406X107780
Rollè, L., Gullotta, G., Trombetta, T., Curti, L., Gerino, E., Brustia, P., & Caldarera, A. M. (2019). Father Involvement and Cognitive Development in Early and Middle Childhood: A Systematic Review. Frontiers in Psychology, 10. Retrieved from https://www.frontiersin.org/journals/psychology/articles/10.3389/fpsyg.2019.02405
Schell, L. M., Gallo, M. V, & Ravenscroft, J. (2009). Environmental influences on human growth and development: Historical review and case study of contemporary influences. Annals of Human Biology, 36(5), 459–477. https://doi.org/10.1080/03014460903067159
Teel, K. S., Verdeli, H., Wickramaratne, P., Warner, V., Vousoura, E., Haroz, E. E., & Talati, A. (2016). Impact of a Father Figure’s Presence in the Household on Children’s Psychiatric Diagnoses and Functioning in Families at High Risk for Depression. Journal of Child and Family Studies, 25(2), 588–597. https://doi.org/10.1007/s10826-015-0239-y
Trihono, Atmarita, Tjandrarini, D. H., Irawati, A., Utami, N. H., Tejayanti, T., & Nurlinawati, L. (2015). Pendek (Stunting) di Indonesia, Masalah dan Solusinya. Jakarta: Badan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Hak Cipta (c) 2025 Syarif Hidayatullah Al Bahri, Nurina Mutia Farah, Indri Kurniawati, Iklima Anggarani Purbaningrum, Hilda Amalia, Moh Heri Kurniawan

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.







