HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT
Kata Kunci:
Kualitas Pelayanan, keperawatan, manajemen keperwatan, pasien rawat jalanAbstrak
Rumah sakit merupakan penyelenggara pelayanan kesehatan dengan peran utamanya yaitu memberikan perawatan dan perhatian kepada pasien, menyelenggarakan kegiatan kesehatan dengan menyembuhkan dan memulihkan kesehatan. Kualitas layanan yang baik muncul dari persepsi pasien yang mengharapkan pelayanan yang diterima sesuai dengan harapan. Kepuasan pasien di rumah sakit dipengaruhi oleh banyak hal diantaranya yaitu tersedianya peralatan medik yang lengkap, bangunan yang berlokasi strategis, peralatan rumah sakit yang bagus, penyediaan sarana dan prasarana dalam pelayanan. Tujuan Penelitian : Mengetahui hubungan kualitas pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien di Rawat Inap Rumah Sakit Hermina. Metode Penelitisn : Jenis penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian adalah semua pasien yang mendapat pelayanan keperawatn di ruang rawat inap Rumah Sakit Hermina yang berjumlah 104 orang dengan menggunakan teknik pengambil sampiel Purposive sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisa statistik yang digunakan Chi-Square (X2). Hasil Penelitisn : uji statistic Chi-Square dengan menggunakan SPSS 25 didapatkan data normal 0 cell, 25% artinya uji chi- Square memenuhi syarat, maka nilai Pearson chi- square dengan tingkat kemaknaan 95%, menunjukkan bahwa nilai probabilitas 0,000 (p<0,05), artinya Ho di tolak dan Ha diterima. Kesimpulan ada hubungan kualitas pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien di Rawat Inap Rumah Sakit Hermina Metland Cibitung, Galaxy, Periuk Tangerang dan Karawang
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Hak Cipta (c) 2024 Nani Asna Dewi, Septi Darmayanti, Nur Endah R., Sofie Handajany
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.